Jumat, 18 November 2022
Halo Sobat Triastra !
Maraknya transformasi digital yang sedang berlangsung di industri perbankan, menjadi tantangan tersendiri bagi BPR untuk mengikuti gelombang perubahan ke arah digitalisasi. Transformasi digital diharapkan akan membawa dampak positif bukan hanya bagi bank, melainkan juga untuk masyarakat pengguna jasa perbankan. Oleh sebab itu, transformasi digital juga dianggap perlu dilakukan oleh BPR agar mampu memberikan layanan yang lebih baik dan juga menciptakan efisiensi.
Untuk mendukung proses transformasi digital, maka BPR perlu menyiapkan banyak hal dan diantaranya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana infrastruktur. Tentu saja hal ini perlu mendapat perhatian khusus mengingat kedua aspek ini sering kali menjadi kendala dalam akselerasi digitalisasi karena membutuhkan biaya investasi yang cukup besar.
Dengan pertimbangan hal di atas dan menindaklanjuti pertemuan pertama dengan Perbarindo Cirebon, BPR Triastra berinisiatif untuk melakukan studi banding ke PT BPR MADANI SEJAHTERA ABADI (BPR MSA) dengan tujuan untuk mengetahui lebih detail inovasi yang dilakukan BPR MSA dalam sektor digital marketing dan apa saja aktivitas yang sedang dilakukan dalam membangun ekosistem digital saat ini.
Adapun tujuan dari kegiatan studi banding BPR Triastra adalah sebagai berikut :
- Mengetahui strategi untuk beradaptasi di era disrupsi oleh BPR MSA
- Digitalisasi & Peningkatan Layanan Bank
- Branding & Digital Marketing
- Mengetahui aktivitas dalam membangun Ekosistem Digital UMKM yang saat ini sedang dilakukan oleh BPR MSA
Studi banding dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 16 November – 18 November 2022, bertempat di kantor PT BPR Madani Sejahtera Abadi Jl. C. Simanjuntak No 26 Yogyakarta. Kunjungan studi banding ke BPR MSA dipimpin langsung oleh Bpk. Handi sebagai Direktur Bisnis, Edy Widodo sebagai PE Kepatuhan, Augia sebagai Kasie Bisnis dan Riza sebagai Kasie Digital Marketing & Pengembangan Bisnis BPR Triastra.
Selama menjalani kegiatan studi banding ke BPR MSA, kami dari BPR Triastra mendapatkan ilmu yang berharga yaitu tentang inovasi digitalisasi dalam layanan bank baik untuk internal dan atau eksternal, serta mengetahui lebih dalam tentang program-program unggulan yang berkonsep tentang pemberdayaan UMKM, Milenial dan Pendampingan Desa Wisata.
Terimakasih BPR MSA
#BeraniBerubah dan #SaatnyaTumbuhBersama